Mengenal Jenis dan Sifat fisik Sampah

Mengubah sampah jadi BBM
Drean Technology
Jakarta - Bisnis Energi (21/9/2014), Melanjutnya pembahasan tentang lingkungan dan energi di pembahasan sembelumnya (baca lingkungan dan energi), ada baiknya saya mengajak anda untuk lebih mengetahui tentang sumber dan klasifikasi sampah.
Sumber sampah akan menentukan jenis sampah yang akan dihasilkan. Faktor penyebab beragamnya jenis sampah adalah pertama makin banyaknya jumlah penduduk yang tinggal di kota-kota dan dipedesaan. Kedua makin beragamnya industri yang ada. Ketiga adalah semakin beragamnya kegiatan masyarakat. Ketiga faktor penyebab tersebut akan menghasilkan keberagaman jenis sampah.

Dilihat dari sifat fisiknya sampah dikelompokkan menjadi:
1. Sampah basah (disebut sebagai garbage), yaitu sampah yang terdiri dari bahan organik dan bersifat mudah busuk, biasanya berasal dari sisa makanan, buah, sayur, atau pembungkus berbentuk daun. Sifat dari sampah jenis ini banyak mengandung air dan cepat membusuk secara alamiah.
2. Sampah kering (disebut rubbish), yaitu sampah yang terdiri dari bahan organik dan anorganik, tidak mudah membusuk. Sampah jenis ini dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu sampah kering logam (metalic rubbish), misalnya besi tua, kaleng bekas, dan sampah kering non logam (non metalic rubbish), misalnya kayu, sisa kain, kaca, mika, keramik, plastik, berbagai mineral dan batuan.
3. Sampah lembut, yaitu sampah yang merupakan partikel-partikel ukuran kecil, ringan dan mudah . diterbangkan angin. Sampah jenis dapat mengganggu pernafasan dan mata. Menurut bentuknya sampah jenis ini terbagi dua macam. Kesatu berbentuk debu hasil dari pembersihan dengan sapu dari lantai rumah, debu dari pengrajin kayu, industri semen, tenun, pembakaran batu gamping, penambangan mineral. Kedua berbentuk abu yang berasal dari pembakaran kayu, abu rokok, sekam padi, batubara dan sampah yang terbakar.
4. Sampah besar (bulky waste) yaitu sampah yang berukuran besar, misal bekas furniture, kursi, meja, kendaraan, peralatan rumah tangga, bangkai kapal, peralatan rumah tangga, bongkaran rumah dan lainya.
5. Sampah berbahaya (hazardous waste) adalah sampah yang berbahaya baik bagi manusia, binatang maupun tumbuhan, dapat terdiri dari empat jenis yaitu sampah patogen, sampah beracun, sampah radioaktif dan sampah ledakan.
Sampah patogen yaitu sampah yang berasal dari rumah sakit dan klinik.
Sampah beracun yaitu sampah yang merupakan sisa dari pestisida, insektisida dan kertas bungkus bahan beracun.
Sampah radioaktif yaitu sampah berbahan radioaktif sisa dari pengolahan nuklir.
Sampah ledakan yaitu sampah hasil dari kegiatan ledakan yang berasal dari petasan, ledakan mesiu sampah perang dan peledakan di areal pertambangan. (Sumber buku Rekayasa Gambut, Briket Batubara dan Sampah Organik oleh Sukandarrumidi).
Untuk mengoptimalisasi pemanfaatan sampah kering (rubbish) dibutuhkan teknologi pengubah sampah menjadi minyak dan charcoal yaitu Urban Rig. Lihat proposalnya di halaman berikut: http://bisnisuntung7.blogspot.com/2014/09/mesin-pengubah-sampah-menjadi-minyak.html.

Semoga bermanfaat, Bravo!!!



Komentar

Postingan Populer