Pencarian Airtanah Dengan Metode Geolistrik

http://bisnisuntung7.blogspot.com/
Bisnis Energi (17/08/2015), Kebutuhan airtanah sebagai sumber pasokan airbersih untuk berbagai keperluan memperlihatkan kecenderungan yang terus meningkat dimana pemanfaatan airtanah terus meningkat seiring dengan bertambahnya penduduk. Hal ini menyebabkan banyak daerah resapan air digunakan sebagai daerah pemukiman dan sebagai akibatnya daerah tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan air bagi penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Beberapa akibat yang ditimbulkan adalah adanya pemompaan yang berlebihan, antara lain terjadinya penurunan muka airtanah, berkurangnya cadangan airtanah, perubahan arah aliran airtanah, penurunan daya dukung tanah, kekeringan pada sumur-sumur penduduk di sekitar pemompaan, dan lain-lain. Penyelidikan airtanah dilakukan untuk memperkirakan tempat terjadinya airtanah, kedalaman antara muka pembentukan (kerikil, pasir, dan lain-lain), serta ciri-ciri fisik airtanah (suhu, kerapatan, dll). Masalah ini memerlukan pemecahan berupa pencarian sumber-sumber air untuk memenuhi kebutuhan tersebut.  
Geolistrik adalah salah satu metode geofisika yang digunakan untuk menginterpretasi bawah permukaan tanah dengan menggunakan konsep fisika dan tanpa merusak material-material tersebut. Prinsip kerja geolistrik adalah mengukur tahanan jenis dengan mengalirkan arus listrik ke dalam batuan atau tanah melalui elektroda arus dan kemudian arus diterima oleh elektroda potensial dengan menganggap bumi sebagai resistor. Penyelidikan airtanah yang biasa dilakukan dari permukaan tanah adalah dengan menggunakan metode geolistrik. Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika yang mempelajari sifat aliran listrik di dalam bumi dan untuk mengetahui perubahan tahanan jenis lapisan batuan di bawah permukaan tanah dengan cara mengalirkan arus listrik DC (Direct Current) yang mempunyai tegangan tinggi ke dalam tanah. Metode ini lebih efektif jika digunakan untuk eksplorasi yang sifatnya dangkal, contohnya penentuan kedalaman batuan dasar dan pencarian reservoir air. Berdasarkan letak (konfigurasi) elektroda-elektroda potensial dan elektroda-elektroda arus, dikenal beberapa jenis metode resistivitas tahanan jenis, antara lain:
1.      Metode Schlumberger
2.      Metode Wenner
3.      Metode Dipole Sounding

Tujuan survei geolistrik tahanan jenis adalah untuk mengetahui resistivitas bawah permukaan bumi dengan melakukan pengukuran di permukaan bumi. Resistivitas bumi berhubungan dengan mineral, kandungan fluida dan derajat saturasi air dalam batuan. 
Kami, PT. Citrakansa Emeralindo dapat memberikan jasa pengukuran survei geolistrik untuk pencairan sumber air, potensi batuan andesit, potensi mineral bijih besi, mangaan, emas, nikel, timah, dll. Untuk lebih jelas dapat menghubungi kami di 021 7992905 atau 0811188430.
(Create by Zahir & Hens)
 

Komentar

Postingan Populer