Lingkungan dan Energi

by Hendro, (09/09/2014)
Jakarta-Bisnis Energi, Lingkungan adalah kombinasi antara kondisi fisik yang mencakup keadaan sumber alam seperti tanah, air, energi surya, mineral, serta flora dan fauna yang tumbuh di atas tanah maupun di dalam lautan, dengan kelembagaan yang meliputi ciptaan manusia seperti keputusan bagaimana menggunakan lingkungan fisik tersebut. Lingkungan juga dapat diartikan menjadi segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. 

Di hampir semua kota-kota besar di Indonesia memiliki masalah dengan "dampak lingkungan". Kata dampak lingkungan disini maksudnya adalah dampak pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh tata kelola lingkungan yang buruk, sebagai contoh pengolaan sampah yang buruk. 
Pengelolaan yang buruk ini akan menimbulkan lingkungan yang buruk, kotor dan bau. Kelalaian masyarakat untuk membiarkan lingkungan yang kotor menyebabkan makin rusaknya lingkungan tersebut, seperti contoh membuang sampah sembarang, yang lebih parah lagi adalah sungai dijadikan tempat pembuangan akhir dari semua produk kotoran yang dihasilkan masyarakat. Pada akhirnya berdampak kepada manusia itu sendiri. Coba dilihat disekitar, seperti pintu air di manggarai, yang penuh dengan sampah. 
Mari kita lihat tabel produksi sampah di 6 (enam) kota besar di Indonesia berikut ini:

produksi sampah 5 kota besar Indonesia
Jakarta mendapat rangking nomor satu untuk jumlah produksi sampah. Disusul Medan, Palembang, Bali, Surabaya dan Bandung.  
Mari kita lihat beberapa masalah umum sampah di seluruh dunia:
- Masalah sampah meningkat terus menerus berlangsung hampir setiap hari.
- Proses pembakaran sampah akan menimbulkan pencemaran lingkungan dan berbagai dioksin.
- Proses pembakaran sampah dan pengolahannya akan memakan biaya sangat mahal.
- Belum adanya pemanfaatkan untuk sampah yang komponennya terdiri dari plastik, kayu, logam 
  dan lainnya.
Lantas apa hubungannya sampah dengan energi ?   
Hubungannya adalah sampah ini dapat diubah bentuknya menjadi bahan bakar minyak (BBM) dan charcoal . Dua ratus ton sampah akan diubah menjadi 10 ton BBM dan 50 ton charcoal. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat proposalnya: URBAN RIG PROPOSAL

Semoga bermanfaat. Bravo!!!
Salam




 


Komentar

Postingan Populer