Melihat cadangan gas di Indonesia dan 7 perusahaan gas terbesar di Indonesia



By Hendro. 15 September 2014

Jakarta – Bisnis Energi, Rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhono akan meresmikan dua proyek pengembangan lapangan gas di Kalimantan Timur, besok hari Selasa (16/9/2014). Dua proyek ini diresmikan karena masuk didalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3I).

Kedua proyek ini adalah Proyek Pengembangan Lapangan Gas Ruby-Blok Sebuku yang dikelola Mubadala Petroleum dan Proyek Lapangan Gas Sisi Nubi 2B-Blok Mahakam yang dikelola PT Total E&P Indonesia, dengan total investasi sebesar Rp 13,6 trilliun.

Saya ingin mengajak pembaca blog ini untuk melihat kebelakang tentang perkembangan bisnis energi khususnya di bidang gas di bumi pertiwi ini. Biar bacanya nggak jenuh...mari kita lihat dulu mengenai jumlah cadangan gas dan siapa tujuh perusahaan besar yang telah melakukan kegiatan produksi gas di Indonesia ? Mau tau ? ...mari ikuti terus tulisan ini..............



Setelah saya coba mencari tahu jumlah cadangan gas di Indonesia dari mantra sihir pencari kata “Si mbah Google”, berikut penjelasan dari tiga sumber : 
      a. Indonesia memiliki cadangan alam yang cukup besar yaitu 152.89 TSCF Tahun 2011  (Sumber:     http://rezkykz.wordpress.com/artikel/ketahanan-energi-bagian-2-potensi-kekayaan-energi-indonesia/)
      b. Indonesia memiliki cadangan gas sebanyak 98 Trilliun Kaki Persegi (Trillion Cu Ft/TCF) Tahun 2013. (sumber IndoCropCircles.wordpress.com)
      c. Cadangan Produksi Gas Bumi di Indonesia adalah sebesar 170 TSCF dan produksi per tahun mencapai 2,87 TSCF dengan komposisi tersebut Indonesia memiliki reserve to production (R/P) selama 59 Tahun. (Sumber: esdm.go.id, 15/9/2014)   

Dari ketiga sumber diatas menunjukkan bahwa angka besarnya cadangan gas di Indonesia masih berbeda untuk setiap tahunya. Hal ini menunjukkan bahwa besarnya cadangan ini masih belum menunjukkan angka yang sebenarnya. Mari kita lihat data dari situs resmi pemerintah pada tahun 2011 mengenai sebaran cadangan gas dari sabang sampai marauke berikut:

 
Grafik Cadangan Gas Indonesia
Gambar Grafk Jumlah Cadangan Gas Area di Indonesia
Prosentase Cadangan Gas di masing masing area di Indonesia
Prosentase Cadangan Gas di masing masing area di Indonesia

Dari total cadangan gas Indonesia sebesar 153,4 TSCF, berikut tujuh besar daerah di Indonesia yang memiliki cadangan terbesar yaitu: Natuna (51.46 TSCF), Papua (23.91 TSCF), Kalimantan (17.36 TSCF), Sumsel (15.79 TSCF), Maluku (15.22 TSCF), Sumteng (9.01 TSCF) dan NAD (5.56 TSCF). 


      Siapa tujuh perusahaan besar yang telah melakukan kegiatan produksi gas di Indonesia ?  
      Berikut nama perusahaan-perusahaan gas terbesar yang telah melakukan kegiatan produksi gas di Indonesia:
      1. PT Total E&P Indonesia, Perusahaan asal Napoleon, Prancis ini menduduki posisi pertama dan telah memproduksi gas sebesar 1.693,98 MMSCFD di Blok Mahakan, Kalimantan.
      2. British Petroleum Berau, Perusahaan dari Negri Putri Lady Diana, Inggris ini, menempati posisi kedua dengan memproduksi  1.219 MMSCFD di Berau, Kalimantan.
      3. PT Pertamina, Persero, Perusahaan Plat Merah Pemerintah Indonesia berada di posisi ketiga dengan total produksi sebesar 1.049,25 MMSCFD.
      4. ConocoPhillip Grissik, Perusahaan asal Negri Paman Sam, Amerika Serikat, telah memproduksi gas sebesar 1.027,02 MMSCFD, menduduki tempat keempat di Sumatera Selatan (Sumsel).
      5. ConocoPhillip Indonesia Ltd, Perusahaan Amerika Serikat ini menambah produksi gas di Indonesia sebanyak 432,94 MMSCFD di Natuna Selatan Sea Blok B, menempati urutan kelima.    
      6. Vico Indonesia, Perusahaan asal Inggris ini menempati posisi keenam dengan produksi gas total 380,94 MMSCFD.
      7. Exxon Mobil Oil Indonesia, Perusahaan Amerika Serikat ini, menempati posisi ketujuh dengan total produksi gas sebesar 369.22 MMSCFD.  

Saya masih berbangga bahwa perusahaan dalam negri, PTPertamina Persero mampu menduduki urutan ketiga sebagai perusahan pengelola gas di negri.

Semoga bermanfaat. Bravo!!!!!!

Postingan Populer