Cara Memilih Bisnis Yang Cocok Untuk Anda

Bisnis Energi (11/11/2014), Banyak diantara kita yang mendaptkan tawaran bisnis, mulai dari untung kecil sampai dengan mendapatkan untung yang berlipat lipat. Terkadang diantara kita masih bingung untuk memilih dan memilah mana bisnis yang yang tepat untuk kita jalani.
Berikut beberapa langkah yang layak dipertimbangkan oleh anda didalam memilih bisnis yang cocok, sebagai berikut:
1. Carilah sesuatu yang menyenangkan anda seperti bisnis makanan, pendidikan, perbankan, pakaian, elektronik danl lain-lain. Kita tidak perlu memikirkan apakah kegiatan itu menguntungkan atau tidak, yang penting kita harus memilih sesuatu yang menyenangkan, bisa hobi atau bukan. Memang tidak mudah perlu waktu atau jam terbang yang cukup lama didalam menemukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan diri kita.
2. Melihat peluang pasar yang ada. Jika kita telah mengumpulkan kegiatan yang menyenangkan maka selanjutnya kita memilih pasar yang benar-benar ada. Contoh bila kita menyenangi kegiatan pendidikan maka kita perlu mencari jenis pendidikan yang memungkinkan mendapatkan penghasilan yang layak. Apakah dengan membuka TK, SD, Kursus Mekanik, Kursus Bahasa Inggris, Pelatihan Untuk Karyawan. Contoh lain apabila kita menyenangi makanan, apakah lebih memungkinkan membuka restoran, warung makan, jasa katering, makanan ringan, minuman ringan dan lainnya.
 3. Jika sudah dengan pilihan hati yang bulat, selanjutnya kita mencari informasi tentang pesaing di bisnis yang sama. Dengan mengetahui keualitas dan kuantitas pesaing maka kita akan bisa mengukur kemampuan didalam membangun usaha.

Langkah-langkah diatas tampak sangat praktis, namun didalam pelaksanaannya kita bisa terjebak pada beberapa hal berikut:
1. Anda akan melihat bahwa dunia bisnis itu tidak seindah teori dalam buku. Anda akan menemukan betapa dunia usaha harus berhadapan dengan banyaknya pungutan, preman dan lain-lain. Diperjalanannya kita akan mengetahui "buasnya" dunia usaha. Kita akan selalu melihat dan mendengar banyak kalangan pebisnis yang ketipu, pencurian dagangan, bangkrut karena kebakaran, dagangan tidak laku bersaing dan lain-lainnya.
2. Anda akan berfikir ulang atau bahkan mengurungkan niat untuk membuka usaha karena merasa tidak cocok dan nyaman dengan iklim dunia usaha yang ditemui diluar dari kegiatan menjual barang seperti adanya pungutan tak resmi, preman dan penipuan.
3. Akhirnya anda sudah tidak bersemangat lagi untuk membuka usaha karena menemui orang yang sudah menjalankan usaha mengeluh karena keuntungan yang kecil atau bahkan barang dagangannya kurang laku.

Apabila memenuhi keadaan seperti ini ada beberapa saran dari pengusaha yang sudah sukses berikut:
1. Memulai usaha memang sangat beresiko tetapi tidak memulai jauh lebih beresiko lagi.
2. Setiap resiko pasti ada bayarannya. Jika anda menghadapinya dengan baik, keuntungan pasti berpihak kepada Anda. Ketakutan menghadapi resiko usaha yang akan dijalankan, tetapi ingat betapa banyak orang tidak pernah belajar bisnis dari buku atau training bisa melewati banyak tantangan dan resiko usaha.
3. Tuhan memberikan masalah sekaligus solusinya. Tugas kita dalam setiap menghadapi masalah tersebut adalah mencari solusi yang tepat, sering kali tersembunyi di berbagai tempat, bisa dari buku yang dibaca, training, seminar, atau mungkin dari cerita orang-orang berpengalaman.
4. Kata AA Gym, tidak ada masalah dengan masalah, yang menjadi masalah adalah cara kita yang salah dalam menghadapi masalah. Bulatkanlah tekad anda untuk memulai usaha akan menemui solusi terbaik.
Selamat mencoba dan terus bergerak menemui masalah!
(Referensi: Buku Langkah Jitu Memulai Bisnis dari Nol, Bambang Suharno)
 

Komentar

Postingan Populer