Produksi Batubara Indonesia Menjadi Ketahanan Energi di Negeri Lain

bisnisuntung7.blogspot.com
Jakarta - Bisnis Energi (20/11/2014), Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Sudirman Said mengatakan, berdasarkan data Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Jutaan batubara Indonesia diekspor ke luar negeri untuk menopang ketahanan energi di beberapa negara lain.
"Statistik Bappenas menarik, jutaan ekspor batubara jadi penopang ketahanan di beberapa negara lain,"ujar Sudirman, seperti dikutip dari bisnis.liputan6.com, Rabu (19/11/2014).
Sementara, Indonesia yang disebut-sebut sebagai eksportir batubara terbesar di dunia malah ketahanan energinya tidak kuat alias lemah. Menurut Sudirman, Indonesia harus membenahi tata kelola pemanfaatan sumber daya alam salah satunya energi. Dengan mengubah kebiasaan yang tadinya hanya mencari sumberdaya alam, menjadi penyimpan.
"Kesibukan bangsa kita kesibukan bangun listrik, tapi tidak tahu bagaimana menyimpan dengan baik. Jadi sudah waktunya kita menyimpan. Ambil yang diperlukan saja,"ujarnya.
Sudirman juga mengatakan, hal tersebut bertujuan agar generasi yang akan datang tidak kekurangan energi. Sehingga tercipta ketahanan energi dalam jangka panjang.
"Energi fosil yang kita konsumsi utang kita pada masa depan. Tindakan kita dampak generasi ke depan tidak terlalu panjang, perlu kesadaran yang masif dalam menglola energi,"katanya.
(Sumber:bisnis.liputan6.com)

Komentar

Postingan Populer