Sonangol EP dan Republik Angola

Bisnis Energi (6/11/2014), Sonangol EP - Sociedade Nacional de Combustiveis de Angola, EP, adalah satu-satunya pemegang izin untuk eksplorasi minyak dan gas di Negara Republik Angola dan bertanggung jawab atas kegiatan eksplorasi, produksi, manufaktur, transportasi dan pemasaran hidrokarbon di Angola.
Sonangol didirikan tahun 1976 dari nasionalisasi Angola, keputusan 52/76 di lembagakan Sonangol EP sebagai perusahaan milik negara yang mempunyai misi untuk mengelola sumber daya eksplorasi hidrokarbon di Republik Angola yang berpenduduk  81,5 juta penduduk (data tahun 2009) atau 33 persen bila dibanding jumlah penduduk Indonesia.

Republik Angola yang merdeka pada November 1975 termasuk salah satu negara di Afrika yang miliki sejarah panjang ditindas oleh bangsa lain. Sebelum merdeka mereka telah melakukan perang gerilya selama 14 tahun  dari pemerintahan fasis Portugal. Setelah mereka merdeka tak henti-hentinya negara ini krisis persatuan antara saudara dengan terus menerus perang saudara, diperburuk lagi dengan adanya campur tangan asing seperti Afrika Selatan, Rusia dan Amerika.
Krisis keamanan atas perebutan kekuasaan negara terus mendominasi dari perjalanan sejarah bangsa ini, akibatnya krisis ekonomi berada dalam kekacauan karena perang yang berkepanjangan selema hampir seperempat abat.
Angola memiliki sumberdaya alam yang kaya namun pendapatan per kapita negara ini termasuk yang terendah di dunia. Sekitar 85 persen penduduk asli bekerja di bidang pertanian.
Produksi minyak merupakan sumber pendapatan perekonomian yang utama di negara ini dengan kontribusi 45 persen dari Gross Domestic Product (GDP) dan 90 persen dari angka ekspor negara.
Sonangol Group sebagai perusahaan milik pemerintah mengontrol secara penuh industri minya di Angola. Perekonomian negara yang tumbuh diperkirakan 4 persen pertahun dihitung mulai dari tahun 1999 hampir dimotori oleh industri perminyakan ini.  

Berikut sejarah perkembangan Sonangol EP dari tahun ke tahun yang dikutip dari situs www.sonangol.co.uk :


1976: Establishment of Sonangol U.E.E.
1983: Institution of the first international subsidiary, Sonangol Limited in London, England.
1991: Attribution of the first oil concession in deep waters on Block 16.
1992: Establishment of subsidiary Sonangol P&P as an oil company.
1999: Sonangol U.E.E. becomes Sonangol E.P.
2003: Sonangol begins operating as an oil company with the concession of offshore Block 03.
2005: Distribuidora begins its internationalization by opening gas stations in Portugal.
2008: Inauguration of our new headquarters.
2009: Licensing of processing units of the Refinery in Lobito.
2011: Signature of sharing production contracts of Pre Salt Blocks in Angola.
2012: Franciso de Lemos José Maria succeeds Manuel Vicente as Sonangol Board President. First oil find in Angola’s pre-salt layer. Pre-salt reserves estimated at 30 billion barrels.
2013: Angola makes first LNG delivery.
(Sumber: www.sonangol.co.uk; wikipedia.com)

Salam Bravo !!!






Komentar

Postingan Populer