Dirut PLN Yang Baru, Sofyan Basir Dari Banker Ke Listrik

Jakarta - Bisnis Energi (24/12/2014), Sofyan Basir ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi Direktur Utama PT.Perusahaan Listrik Negara (PLN) menggantikan Nur Pamudji, Selasa, 23/12/2014. Sofyan sebelumnya menjabat sebagai Dirut PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) selama dua periode, periode 2005 dan 2010.
Sofyan Basir memiliki latar belakang yang panjang di bisnis perbankan. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk. Awal karirnya Sofyan dimulai pada tahun 1981 di Bank Duta dan kemudian bergabung di Bank Bukopin pada tahun 1986.

Karir bisnis perbankan memberikan kematangan managerial selam berada di Bukopin. Beberapa jabatan penting yang pernah dia duduki selama di Bukopin seperti Direktur Komersial, Group Head Line of Business dan juga Pimpinan cabang di beberapa kota besar di Indonesia.
Sofyan meraih gelar Diploma dari STAK Trisakti, pada tahun 1980 dan mendapat gelar Sarjana Ekonomi dari STIE Ganesha, Jakarta, tahun 2010. Tahun 2012 mendapatkan gelar Doktor Kehormatan dari Universitas  Trisakti.
Pria kelahiran 2 Mei 1958 ini telah mengikuti berbagai pendidikan serta pelatihan di bidang perbankan di dalam negeri dan di luar negeri seperti:
- Seminar Risk Management Certification Refreshment Program (Frankfurt, Jerman)
- Eksekutif Managemen Resiko, ABN Amro (Denpasar, Bali)
- Islamic Finance Forum (Swiss)
- Seminar Business Continuity Planning, Ernest & Young SESPIBANK (Jakarta)
- Strategy Development Session, IBM
- Structuring Loans & Short Term, The Institute Banking & Finance
Bersamaan dengan penunjukkan dirut PLN ini, pemerintah juga mengangkat mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Chandra M.Hamzah sebagai komisaris utama PLN.
(Sumber: bisnis.com dan bisnis.liputan6.com)

Komentar

Postingan Populer