Bulan ini PGN Segera Memasok Gas untuk 14 Industri Besar di Lampung

Jakarta - Bisnis Energi (13/1/2014), PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk segera akan memasok gas bumi untuk 14 industri besar di Lampung pada bulan ini. Kapasitas yang akan dialirkan ke industri tersebut sebesar 1,01 billion british thermal unit (bbtu) per hari. Pemakaian gas untuk industri merupakan dukungan bagi program konversi bahan bakar minyak ke gas guna effisiensi.
Realisasi pengaliran gas tersebut segera dapat diwujudkan setelah selesainya proyek pembangunan jaringan pipa distribusi gas sepanjang 90 kilometer (km) dari Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur, ke Tanjung Karang, Lampung pada akhir tahun 2014. Demikian dikutip dari Harian Kompas, Senin (12/1/2014).
Disamping itu PGN juga telah menyelesaikan pembangunan dua stasiun penerima gas di Sutami dan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur. Dua stasiun ini akan digunakan untuk mengatur dan mengalirkan gas pada pelanggan.
"Gas ini dipasok dari kapal unit penyimpanan terapung untuk regasifikasi (FSRU) Lampung untuk kemudian dialirkan lewat pipa jaringan gas menuju pelanggan. Penyaluran gas ini merupakan realisasi dari kontrak perjanjian jual beli gas antara PGN dan 14 industri di Lapung pada pertengahan tahun lalu,"kata Sekretaris Perusahaan PGN Heri Yusup, Minggu (11/1/2014).
Kepala Komunikasi Korporat PGN Ridha Ababil mengatakan tahun ini, FSRU Lampung dijadwalkan mendapatkan pasokan gas sebanyak 14 kargo gas alam cair dari Blok Tangguh, Papua. Pada 2014 lalu, FSRU Lampung mendapatkan pasokan 4 kargo setelah beroperasi sejak Juli 2014.
PGN juga akan memasok gas ke sejumlah pembagkit listrik milik PT PLN (Persero) sebanyak 4 pembangkit dengan total kapasitas pasokan gasnya sebesar 45 bbtu.
"Sebelumnya, konsumen gas FSRU Lampung masih sebatas pembangkit PLN di Muara Tawar, Jawa Barat. Kami berkomitmen memasok gas bagi rumah tangga dan usaha kecil, termasuk pembangkit PLN di Lampung,"kata Ridha.
(Sumber Harian Kompas, Senin,12/1/2014).


Komentar

Postingan Populer