Harga Gas Di Singapore Lebih Murah Dibandingkan di Indonesia

Jakarta - Bisnis Energi (9/1/2015), Ketua Umum Forum Industri Gas Bumi (FIPGB) Achmad Saifun mengungkapkan bahwa Industri di Singapore mendapatkan pasokan gas dari Indonesia dengan  harga yang sangat murah bila dibandingkan dengan di Indonesia. Harga rata-rata untuk Industri di Singapore sekitar Sing$4,08 per mmbtu atau sekitar US$3,06-US$3,87 per mmbtu. 
"Bandingkan dengan industri di Indonesia seperti di Jawa Barat dari PGN US$7,90 per mmbtu ditambah biaya administrasi Rp770/m3, paling murah di Jawa Timur yang saat ini kelebihan gas US$6,43 per mmbtu ditambah biaya administrasi Rp770/m3,"ungkap Achmad saat diskusi Outlook Sektor Gas 2015, di Century Park Hotel, Senayan, Jakarta, Rabu (7/1/2015), seperti dikutip dari detik,finance.com, Kamis (7/1/2015).
Ahcmad mengatakan, bahkan harga gas bumi di dalam negeri ke industri US$7,90 per mmbtu tersebut merupakan gas yang didistribusikan melalui pipa gas yang dekat dengan sumur gas. Saat ini pasokan gas lebih banyak berasal dari FSRU atau LNG (Liquified Natural Gas), atau masih sedikit yang langsung dari sumur gas.
"Jadi dari sumur gas, gasnya dicairkan menjadi LNG kemudian diangkut menggunakan kapal lalu disalurkan ke kapal FSRU untuk di regasifikasi dari gas cair dijadikan gas kembali, kemudian disalurkan melalui pipa gas, rentetan panjang ini membuat harga gas ke industri mencapai US$17-18 per mmbtu,"ujarnya.
Bila dilihat perbandingannya di Singapore, impor gas melalui jaringan pipa gas langsung milik PT Trans Gas Indonesia (TGI) kepada Sembawang Corporation dan Gas Singapore Pvt Ltd (GSPL), yang berasal dari Blok Koridor, Sumatera Selatan.
Menurut Achmad industri di dalam negeri sangat khawatir, terkait akan berlangsungnya Masyarakat Ekonomi ASEAN, sulit untuk industri dalam negeri bisa bersaing dengan produk dari negara lain.
"Bayangkan di Singapore industrinya hanya beli gas US$3,06-US$3,87 per mmbtu, padahal negara itu tidak punya satupun sumur gas, tidak juga produksi gas, mereka impor, impornya juga dari Indonesia. Sementara di Indonesia sendiri harga gas yang dibeli industri dalam negeri US$6,43-US$18 per mmbtu,"tambah Achamd.
(Sumber:detik.finance.com)  

Komentar

Postingan Populer