Investor Polandia Berminat Berinvestasi Bidang Listrik di Indonesia

sumber:polanesia.wordpress.com
Jakarta - Bisnis Energi (11/2/2015), Investor asal Polandia menyatakan berminat untuk berinvestasi di bidang listrik di Indonesia. Investasi ini akan mendukung program pemerintah yang akan membangun infrastruktur dan penyediaan listrik 35.000 Megawatt (MW). Duta Besar Indonesia untuk Polandia Peter Gonta mengatakan salah satu perusahaan asal Polandia, Alsom, menyatakan siap untuk mendukung program pemerintah tersebut. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pembangkit tenaga listrik yang memproduksi turbin dan boiler
Keseriusan Negara Polandia didalam berinvestasi telah disampaikan oleh Menteri Perekonomiannya melalui surat khusus yang di kirimkan kepada Menteri Perindustrian, seperti dikutip pada Harian Republika, Selasa, 10/02/2015.

"Pada April 2015, perusahaan tersebut akan datang ke Indonesia bersama dengan tim ekonomi mereka,"kata Peter yang di temui di Kantor Kementrian Perindustrian, Senin (9/02/2015).
Peter mengatakan perusahaan itu ingin berpartisipasi dalam penyediaan listrik dengan pembuatan turbin dan boiler. Akan tetapi Peter belum mengetahui nilai investasi yang ditawarkan karena perusahaan tersebut ingin bertemu terlebih dahulu dengan Pemerintah Indonesia.
Menurut Peter, Indonesia merupakan salah satu negara tujuan investasi terbesar bagi Polandia karena memiliki pangsa pasar yang besar.
"Sejak 2004, antara Polandia dan Indonesia sudah banyak MoU namun belum di-follow up oleh kedua negera,"ujar Peter.
Salah satu daya tarik Indonesia bagi Polandia karena negara ini termasuk negara maritim yang memiliki laut yang luas dan memiliki jutaan pulau-pulau.
Disamping investasi di bidang listrik Polandia juga menawarkan pembuatan kapal ikan induk.
Negara Polandia memiliki kekuatan di industri maritim dan persenjataan. Akan tetapi, selama ini neraca perdagangan antara Indonesia dan Polandia masih timpang.
Indonesia memiliki surplus tiga kali lebih besar dengan komoditas perdagangan di antaranya mebel dan tekstil.
Menteri Perindustrian Saleh Husin menilai, duta besar Indonesia untuk Indonesia mempunyai naluri entrepreneur yang tinggi. Sehingga dapat menarik investor lebih banyak ke Indonesia.
(Sumber Harian Republika, Selasa, 10/02/2015)


Komentar

Postingan Populer